Minggu, 01 November 2009

pokok-pokok dalam ajaran Hindu

- arti kata agama berasal dari kata A-Gam
a berarti tidak dan gam berarti pergi,jadi arti keseluruhan dari kata agama itu sendiri adalah sesuatu yang kekal abadi bersifat suci/sareal berdasarkan kepercayaan dan keyakinan.
- Tujuan agama adalah untuk mencapai kebahagiaan yang sejati

Kepala Agama
untuk menjadi seorang kepala agama maka para pinandita harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu yaitu:
1.madiksa
2.mapod gala
3.mapurohito
4.mawinten
jika mereka sudah memenuhi syarat maka mereka berhak memakai Genta yang merupakan simbul tali kasta dan mereka telah menjadi pendeta.
namun dalam perjalanan seorang brahmana atau pendeta itupun mengalami beberapa fase yang sering disebut dengan istilah Caturwarna yaitu:
1. Brahmacarin: usia 8-10 tahun dimana seorang calon Brahmana harus berguru paga acaryana diwaktu ini dilaksanakan upacara upayana agar calon Brahmana seperti terlahir kembali dwija dan ia mendapat upawita atau tali kasta, ia harus tunduk terhadap perintah gurunya dan untuk mendapat makan harus dengan jalan meminta-minta dan hasil dari meminta-mintanya di laporkan kepada gurunya untuk dipertanggungjawabkan.
2.Grastha:setelah usia 10-12 tahun maka mereka pulang ketempat ayah ibunya untuk menjalani kewajiban berikutnya untuk dinikahkan, dan pada saat ini mereka telah berhak memberikan saji.
3.Wanaprasta:setelah memiliki cucu pertama maka mereka dan juga istrinya meninggalkan kehidupan keduniawian dan mengundurkan diri kehutan untuk bertapa merenungkan makna hidup sedalam-dalamnya.
4.Sanyasin/panwrajaka:setelah tugas ke tiga usai dengan menyebelah kanankan gunung himalaya dia berjalan tak tentu arah sampai mati.

Jenis-jenis kepala agama dalam agama hindu dan pengertianya
1.Brahmana:orang yang tinggi batinya ahli dalam ilmu kemoksaan dan kenirwanaan
2.Danghyang:pendeta keturunan Brahmanawangsa
3.Bhagawan/rsi:orang yang telah bersih batinya dan tak lagi memikirkan keduniawian serta tajam pandangannya "waskito"
4.Pedanda:orang yang ahli dalam weda,mantra untuk orang keturunan Brahmanawamgsa
5.Mpu:untuk gelar bagi pendeta yang menjadi guru raja-raja kususnya guru dalam bidang keagamaan.
6.Wiku:orang yang ahli dalam ilmu kebatinan dan mengutamakan peri kemanusiaan dan peri keadilan
7.Sangguru:pengajar agama pada umumnya dan memimpin upacara agama
8.Biksu:pendeta yang manunggal dengan Ida Sang Hyang widi wase
9.Dukuh:seorang pendeta yang bertapa dan menetap disuatu hutan
10.pamangku:seorang yang bertugas melakukan upacara agama dipura atau tempat-tempat suci mereka boleh memakai genta atau tidak tergantungbesar kecilnya upacara
11.Dalang:seorang yang ahli dalam mempertunjukan wauang dan juga ahli dalam ilmu batin berhak membuat tirta pengklukatan yaitu air suci yang berfungsi membersihkan dasamala lahir batin bagi yang membutuhkan.
12.Balian:orang yang terkemuka dalam masyarakat/desa dan ahli dalam ilmu kebatinan atau ketuhanan kepadanyalah biasanya masyarakat bertanya mengenai keagamaan tatasusila terkadang juga tentang obat-obatan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar